SILABUS TEMATIK
Tema : Lingkungan Sehat
Kelas I Semester
1
Standar Kompetensi :
1.
Ilmu Pengetahuan Sosial : 1. Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling menghormati kemajemukan keluarga.
2.
Ilmu Pengetahuan Alam : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara
perawatannya
3.
Matematika : 1. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
4.
Bahasa Indonesia : Berbicara
2.
Mengungkapkan fikiran,
perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan
benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
Membaca
3.
Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring
5. Fiqh :
2.3.
Membiasakan hidup suci dan bersih dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1 Menceritakan pengalaman diri
Ilmu Pengetahuan Alam
1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (
makan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat)
Matematika
1.2 Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 20.
Bahasa Indonesia
2.2 Menyapa orang lain
dengan
menggunakan kalimat sapaan yang
tepat dan bahasa yang santun
3.1
Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang
tepat
FIQH
2.3. Membiasakan hidup suci dan bersih dalam
kehidupan sehari-hari
|
Peristiwa masa kecil
Kebutuhan tubuh
untuk tumbuh sehat dan kuat.
Operasi hitung
bilangan
Kalimat sapaan
Membaca kata ,
kalimat.
· Hidup
suci dan bersih
.
|
·
Mengingat peristiwa yang
berkesan yang diceritakan orang tua, atau kejadian sehari-hari yang tidak
dapat dilupakan dan menceritakan
kembali kepada teman-temannya.
·
Mengemukakan pengalaman
sehari-hari yang dialami ketika menuju sekolah , di sekolah atau pulang
sekolah.
·
Menyebutkan dan
mengelompokkan beberapa kebutuhan manusia agar tetap sehat dan kuat.
·
Mengamati berbagai makanan untuk mengelompokkan makanan yang sehat dan tidak sehat.
·
Menyusun daftar jenis
makanan yang dapat menyehatkan tubuh dan makanan yang tidak menyehatkan
tubuh.
·
Memperhatikan beberapa sampel air yang sehat dan tidak
sehat.
·
Mendiskusikan pengaruh
udara kotor bagi manusia.
·
Pembuktian bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Membaca dan mengingat simbol kunci ( + ) untuk menambah, dikumpulkan, diberi lagi,
membeli lagi, datang lagi , dan lain-lain.
·
Membaca dan mengingat
simbol kunci ( - ) untuk diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi,
lari, terbang, dan lain – lain.
·
Membaca dan mengingat
simbol kunci ( = ) digunakan untuk
menyatakan hasil.
·
Membaca dan menghapalkan
fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
·
Melakukan penjumlahan
melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
· Meniru kalimat sapaan yang dicontohkan guru.
· Memperagakan kalimat sapaan dengan ekspresi yang baik di hadapan teman –
temannya.
· Mengenal huruf- huruf yang dikenali untuk dibentuk menjadi kata.
· Membaca dengan suara yang nyaring
kata-kata yang dibentuk menjadi kalimat sederhana.
|
· Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
· Menceritakan pengalaman pergi ke sekolah, di sekolah atau pulang sekolah
· Menceritakan kesan hari pertama
masuk Sekolah Dasar.
· Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
· Menyebutkan guna air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan untuk tumbuh
sehat.
· Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik
untuk tumbuh sehat.
· Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam
kalimat sehari-hari.
· Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
· Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
· Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
·
Membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara
tepat.
· Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
· Menyapa teman sebaya, guru, dan
orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun.
·
Mengenal huruf-huruf dan
membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana
·
Memiliki kompetensi serta mengenal tata
cara bersuci dari najis.
·
Mengetahui apa saja hal-hal yang membuat
najis
·
Mengetahui macam-macam najis.
|
Teknik :
Tes tertulis
lisan
Perbuatan
Instrument
:
LKS
Lembar
observasi
|
2 jp x 35 menit
2 jp x 35 menit
2 jp x 35 menit
10 jp x 35 menit
10 jp x 35 menit
4 jp x 35 menit.
2 jp x 35 menit
|
Buku paket IPS kelas I MI
Catatan guru dari
berbagai sumber
Buku IPA SD Kelas 1
Buku Paket Pelajaran Matematika
SD Kelas 1
Buku Paket Bahasa
Indonesia dan Sastra SD kelas 1
Buku Paket Fiqh
Kelas I MI
Buku Saya ingin
Terampil dan Kreatif
SD Kelas 1
Buku Piwulang Bahasa
SD
Kelas 1
|
A.
Pilihlah jawaban yang tepat dan benar !
1. Membuang
sampah diselokan mengakibatkan air selokan….
a. Mampat
b. Lancar
c. Encer
2. Membuang
sampah disungai mengakibatkan air sungai….
a. Bersih
b. Hijau
c.
Kotor
3. Tidak
menyapu halamn rumah mengakibatkan sampah…
a.
Berserakan
b. Tertata
rapi
c. Mneghilang
4. Asap
rokok mengakibatkan udara…
a. Segar
b. Bersih
c.
Kotor
5. Udara
pengap mengakibatkan……..dalam belajar
a. Mudah
b.
Tidak betah
c. Nyaman
B.
Mari bermain
Coba tanyakan kepada orang tuamu,pakaian yang cocok dipakai
saat tertentu.
Ayo, buatlah tabel seperti di bawah ini.
No
|
Pakaian
|
Cocok Dipakai Saat
|
1.
|
Kaos
|
Keseharian
/ santai / bermain
|
2.
|
Jaket
|
Ketika
cuaca dingin
|
3.
|
Mantel
|
Ketika
hujan turun
|
4.
|
Piyama
|
Tidur
|
5.
|
Batik
|
Pertemuan
resmi / bertamu / walimahan
|
v Skor
penilaian
A.
Absensi :
20 %
B.
Kedisiplinan :
20 %
C.
Keaktifan
: 10 %
D.
PG :
20 %
E.
Isian : 30 % +
100 %
A.
Pilihlah jawaban yang benar dengan member tanda
silang pada huruf a, b atau c !
1. Kring-kirng
adalah suara…..
a.
Sepeda
b. Mobil
c. Sepeda
motor
2. Dug-dug
adalah suara…
a. Lonceng
b.
Bedug
c. Gong
3. Dor-dor
adalah suara…
a. Ketapel
b.
Pistol
c. Seruling
4. Tik-tik
adalah suara….
a.
Air Hujan
b. Delman
c. Guitar
5. Wek-wek
adalah suara….
a. Ayam.
b. Bebek.
c. Kucing
B.
Tunjukkan gambar sesuai dengan namanya !
Mobil
|
||
Layang
|
||
Sapi
|
||
Bunga
|
||
Rumah
|
A. Pilihlah
jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b atau c.
1. Pengalaman
yang biasa dilakukan bersama ibu adalah…
a. Menonton
sepak bola
b.
Membuat kue
c. Memancing
2. Pengalaman
yang biasa dilakukan bersama ayah adalah…
a.
Memancing
b. Membuat
kue
c. Menganyam
3. Ayah
dan akbar sedang memancing di samping untuk rekreasi juga melatih…
a. Kepandaian
b.
Kesabaran
c. Keterampilan
4. Andin
ingin terampil menari, maka andin rajin….
a.
Berlatih
b. Bermain
c. Menulis
5. Pengalaman
yang bias dilakukan bersama nenek misalnya…
a. Latihan
renang
b. Menari
c.
Membuat Kue Tradisional
B. Jawablah
pertanyaa di bawah ini dengan benar !
1. Apakah
pengalamanmu selalu menyenangkan ?
·
Tidak, terkadang ada juga pengalaman yang tidak
menyenangkan
2. Sebutkan
pengalaman yang menyenangkan yang pernah kamu alami !
·
Memancing, membuat kue tradisional bersama
nenek, jalan-jalan, dll.
3. Pengalaman
apa yang tidak menyenangkan bagi kalian ?
·
(menurut masing-masing jawaban siswa)
4. Siapa
saja yang pernah mengajakmu melihat pengalaman menarik ?
·
Ayah, ibu, kakak, kakek-nenek, teman, dll.
v Skor
penilaian
F.
Absensi :
20 %
G.
Kedisiplinan :
20 %
H.
Keaktifan
: 10 %
I.
PG :
20 %
J.
Essay : 30 % +
100
Latihan soal
Coba kerjakan latihan berikut ini
Lingkari arti dari table berikut
No
|
Mula-Mula
|
Hal Yang Terjadi
|
Berarti
|
1.
|
Andi
punya ikan lima ekor
|
Beranak
dua ekor
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
2.
|
Ikan
Andi enam ekor
|
Beranak
lima ekor
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
3.
|
Bebek
paman sepuluh ekor
|
Mati
tiga ekor
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
4.
|
Ayam ibu
delapan ekor
|
Dijual
empat ekor
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
5.
|
Sapi kak
Fian lima ekor
|
Disedekahkan
tiga ekor
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
6.
|
Kelerengku
tiga buah
|
Dikasih
Firman empat buah
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
7.
|
Permen
adik sepuluh buah
|
Dibagikan
temannya lima buah
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
8.
|
Ibu
punya apel tiga buah
|
Dimakan
ayah satu buah
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
9.
|
Angsa
paman sepuluh buah
|
Dijual
enam buah
|
Bertambah
|
Berkurang
|
|||
10.
|
Buku
adik tiga buah
|
Dikasih
kakak lima buah
|
Bertambah
|
Berkurang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar