it's me & friend's

it's me & friend's
at joga

Senin, 02 Juli 2012

Silabus Dan Lembar Evaluasi

  
SILABUS TEMATIK

Tema :  Lingkungan Sehat

Kelas   I Semester 1


Standar Kompetensi :                
1.      Ilmu Pengetahuan Sosial            : 1.  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati kemajemukan keluarga.
2.      Ilmu Pengetahuan Alam : 1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
3.      Matematika                              : 1.  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.                     
4.      Bahasa Indonesia                      : Berbicara
2.     Mengungkapkan fikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota  tubuh dan  deklamasi.
Membaca
3.     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring
5.  Fiqh                                         : 2.3. Membiasakan hidup suci dan bersih dalam kehidupan sehari-hari


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
BELAJAR
Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1  Menceritakan pengalaman diri







Ilmu Pengetahuan Alam
1.1   Mengidentifikasi  
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan  kuat ( makan, air, pakaian,  udara, lingkungan sehat)









Matematika
1.2  Melakukan penjumlahan dan 
pengurangan  bilangan sampai  20.














Bahasa Indonesia
2.2 Menyapa orang lain 
      dengan menggunakan kalimat sapaan yang  tepat  dan bahasa yang santun


3.1 Membaca nyaring  suku kata  dan kata
     dengan lafal yang
      tepat








FIQH
2.3. Membiasakan hidup suci dan bersih dalam kehidupan sehari-hari











Peristiwa masa kecil








Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.











Operasi hitung bilangan

















Kalimat sapaan





Membaca kata , kalimat.










· Hidup suci dan bersih



























.












·   Mengingat peristiwa yang berkesan yang diceritakan orang tua, atau kejadian sehari-hari yang tidak dapat dilupakan  dan menceritakan kembali kepada teman-temannya.

·   Mengemukakan pengalaman sehari-hari yang dialami ketika menuju sekolah , di sekolah atau pulang sekolah.


·   Menyebutkan dan mengelompokkan beberapa kebutuhan manusia agar tetap sehat dan kuat.
·   Mengamati  berbagai makanan untuk mengelompokkan  makanan yang sehat dan tidak sehat.
·   Menyusun daftar jenis makanan yang dapat menyehatkan tubuh dan makanan yang tidak menyehatkan tubuh.
·   Memperhatikan  beberapa sampel air yang sehat dan tidak sehat.
·   Mendiskusikan pengaruh udara kotor bagi manusia.


·   Pembuktian  bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.
·   Membaca  dan mengingat simbol kunci ( + )  untuk menambah, dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi, datang lagi , dan lain-lain.
·   Membaca dan mengingat simbol kunci ( - ) untuk diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang, dan lain – lain.
·   Membaca dan mengingat simbol kunci  ( = ) digunakan untuk menyatakan hasil.
·   Membaca dan menghapalkan fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
·   Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan  3 angka hasil sampai 20.


·     Meniru kalimat sapaan yang dicontohkan guru.
·     Memperagakan kalimat sapaan dengan ekspresi yang baik di hadapan teman – temannya.

·     Mengenal huruf- huruf yang dikenali untuk dibentuk menjadi kata.
·     Membaca dengan suara yang nyaring  kata-kata yang dibentuk menjadi kalimat sederhana.







  • Mengenal tata cara bersuci
  • Mengerti bagaimana hidup bersih


·  Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·  Menceritakan pengalaman pergi ke sekolah, di sekolah atau pulang  sekolah
·  Menceritakan kesan hari  pertama masuk Sekolah Dasar.


·  Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·  Menyebutkan guna air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
·  Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat.








·  Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari.
·  Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20











·  Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·  Menjumlah  bilangan  3 angka hasil sampai 20.

·  Membedakan  berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·  Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·  Menyapa teman sebaya, guru,  dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun.
·           Mengenal huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana

·        Memiliki kompetensi serta mengenal tata cara bersuci dari najis.
·        Mengetahui apa saja hal-hal yang membuat najis
·        Mengetahui macam-macam najis.








Teknik :
 Tes tertulis
 lisan
 Perbuatan

Instrument :
  LKS
  Lembar     
  observasi

2 jp x 35 menit













2 jp x 35 menit





















2 jp x 35 menit
















10 jp x  35 menit













10 jp x  35 menit































































4 jp x 35 menit.



















2 jp x 35 menit








Buku paket IPS kelas I MI
Catatan guru dari berbagai sumber







Buku IPA SD Kelas 1












Buku Paket Pelajaran Matematika
SD Kelas 1















Buku Paket Bahasa Indonesia dan Sastra SD kelas 1















Buku Paket Fiqh Kelas I MI

























































Buku Saya ingin Terampil dan Kreatif
SD Kelas 1
















Buku Piwulang Bahasa SD
Kelas 1












A.     Pilihlah jawaban yang tepat dan benar !
1.      Membuang sampah diselokan mengakibatkan air selokan….
a.     Mampat
b.    Lancar
c.     Encer
2.      Membuang sampah disungai mengakibatkan air sungai….
a.       Bersih
b.      Hijau
c.       Kotor
3.      Tidak menyapu halamn rumah mengakibatkan sampah…
a.       Berserakan
b.      Tertata rapi
c.       Mneghilang
4.      Asap rokok mengakibatkan udara…
a.       Segar
b.      Bersih
c.       Kotor
5.      Udara pengap mengakibatkan……..dalam belajar
a.       Mudah
b.      Tidak betah
c.       Nyaman

B.     Mari bermain
Coba tanyakan kepada orang tuamu,pakaian yang cocok dipakai saat tertentu.
Ayo, buatlah tabel seperti di bawah ini.
No
Pakaian
Cocok Dipakai Saat
1.
Kaos
Keseharian / santai / bermain
2.
Jaket
Ketika cuaca dingin
3.
Mantel
Ketika hujan turun
4.
Piyama
Tidur
5.
Batik
Pertemuan resmi / bertamu / walimahan
v     Skor penilaian
A.     Absensi            : 20 %
B.     Kedisiplinan      : 20 %
C.      Keaktifan        : 10 %
D.     PG                   : 20 %
E.       Isian                : 30 % +
  100 %

A.     Pilihlah jawaban yang benar dengan member tanda silang pada huruf a, b atau c !
1.      Kring-kirng adalah suara…..
a.       Sepeda
b.      Mobil
c.       Sepeda motor
2.      Dug-dug adalah suara…
a.       Lonceng
b.      Bedug
c.       Gong
3.      Dor-dor adalah suara…
a.       Ketapel
b.      Pistol
c.       Seruling
4.      Tik-tik adalah suara….
a.       Air Hujan
b.      Delman
c.       Guitar
5.      Wek-wek adalah suara….
a.       Ayam.
b.      Bebek.
c.       Kucing
B.     Tunjukkan gambar sesuai dengan namanya !
Mobil
C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0149627.wmf
Layang
C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0185604.wmf
Sapi

C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0183328.wmf
Bunga
C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0212701.wmf
Rumah

C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\CAGCAT10\j0281904.wmf

A.     Pilihlah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a, b atau c.
1.      Pengalaman yang biasa dilakukan bersama ibu adalah…
a.       Menonton sepak bola
b.      Membuat kue
c.       Memancing
2.      Pengalaman yang biasa dilakukan bersama ayah adalah…
a.       Memancing
b.      Membuat kue
c.       Menganyam
3.      Ayah dan akbar sedang memancing di samping untuk rekreasi juga melatih…
a.       Kepandaian
b.      Kesabaran
c.       Keterampilan
4.      Andin ingin terampil menari, maka andin rajin….
a.       Berlatih
b.      Bermain
c.       Menulis
5.      Pengalaman yang bias dilakukan bersama nenek misalnya…
a.       Latihan renang
b.      Menari
c.       Membuat Kue Tradisional
B. Jawablah pertanyaa di bawah ini dengan benar !
1.      Apakah pengalamanmu selalu menyenangkan ?
·        Tidak, terkadang ada juga pengalaman yang tidak menyenangkan
2.      Sebutkan pengalaman yang menyenangkan yang pernah kamu alami !
·        Memancing, membuat kue tradisional bersama nenek, jalan-jalan, dll.
3.      Pengalaman apa yang tidak menyenangkan bagi kalian ?
·        (menurut masing-masing jawaban siswa)
4.      Siapa saja yang pernah mengajakmu melihat pengalaman menarik ?
·        Ayah, ibu, kakak, kakek-nenek, teman, dll.

v     Skor penilaian
F.      Absensi            : 20 %
G.     Kedisiplinan      : 20 %
H.      Keaktifan        : 10 %
I.        PG                   : 20 %
J.        Essay              : 30 % +
  100
Latihan soal
Coba kerjakan latihan berikut ini
Lingkari arti dari table berikut
No
Mula-Mula
Hal Yang Terjadi
Berarti
1.
Andi punya ikan lima ekor
Beranak dua ekor
Bertambah
Berkurang
2.
Ikan Andi enam ekor
Beranak lima ekor
Bertambah
Berkurang
3.
Bebek paman sepuluh ekor
Mati tiga ekor
Bertambah
Berkurang
4.
Ayam ibu delapan ekor
Dijual empat ekor
Bertambah
Berkurang
5.
Sapi kak Fian lima ekor
Disedekahkan tiga ekor
Bertambah
Berkurang
6.
Kelerengku tiga buah
Dikasih Firman empat buah
Bertambah
Berkurang
7.
Permen adik sepuluh buah
Dibagikan temannya lima buah
Bertambah
Berkurang
8.
Ibu punya apel tiga buah
Dimakan ayah satu buah
Bertambah
Berkurang
9.
Angsa paman sepuluh buah
Dijual enam buah
Bertambah
Berkurang
10.
Buku adik tiga buah
Dikasih kakak lima buah
Bertambah
Berkurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar